Thursday, October 19, 2017

Cara untuk menghentikan update otomatis pada google play

Kali ini kami akan membuat artikel tentang bagaiman cara untuk mengehentikan update otomatis pada play store atau google play, mungkin jika kita menggunakan wi-fi untuk koneksi android ini tidak akan menjadi masalah, tetapi bagaimana jika kita menggunakan paket data? tentu ini akan menjadi masalah untuk kita, karena terkadang kita tinggal memiliki paket data sedikit dan google play melakukan update otomatis, tentu akan membuat kita jengkel karena paket data habis hanya untuk update.
Disni kami akan memberikan cara bagaimana untuk mengehntikan itu, sehingga kita bisa memilih melakukan update manual setelah kita mempunyai paket data yang banyak atau ketika kita sedang terkoneksi wifi, dan berikut adalah cara untuk menghentikan update otomatis atau auto update pada google play atau play store.
Jika kita menggunakan pengaturan default atau secara umum atau pengaturan awal, kita diberikan pengaturan otomatis update sebuah aplikasi yang sudah kita instal atau disebut juga auto-update apps, memang update terbaru selalu  memberikan efek yang baik bagi sebuah smartphone dalam kinerja, terutama menutup-menutup celah atau bugs sebauh aplikasi, sehingga pembaharuan perlu ketika developer aplikasi tersebut sudah menutup kelemahan tersebut, dan tentu tujuan auto-update apps merupakan hal yang baik untuk sebuah smartphone android.
auto update aplikasi android
auto update aplikasi android
Tetapi bagi pengguna mobile data atau paket data internet, tentu ini sangat mengganggu karena seperti yang disebutkan di awal, dalam keadaan paket data dengan quota minim, lalu aplikasi terupdate otomatis, tentu ini akan membuat kita emosi karena kehabisan kuota, sehingga update secara manual adalah pilihan terbaik untuk pengguna mobile data, tetapi kita tetap akan menerima notifikasi bahwa ada update terbaru dari aplikasi-aplikasi yang telah kita install.
Cara disable auto-update apps atau update otomatis pada google play
Nah sekarang kita akan masuk bagaimana cara untuk mematikan atau mendisable auto-update apps pada play store atau google play, langkah-langkahnya cukup mudah.

Langkah-langkah

Langkah pertama adalah membuka aplikasi play store
Setelah itu pilih menu pada pojok kiri atas ( 3 garis ) lalu tap atau tekan pada menu tersebut
Setelah masuk ke menu, pilih Settings lalu akan muncul Pop Up, dan centang pilih Do not auto Update app dan untuk lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini
Google Play settings auto update apps atau update otomatis aplikasi
Google Play settings auto update apps atau update otomatis aplikasi
Pada gambar tersebut terdapat 3 pilihan yaitu Do not auto-update apps, Auto-update apps at any time. Data charges may apply, dan Auto-update apps over Wi-Fi only.
Pengertian Do Not auto-update apps adalah seperti yang dimaksud dalam postingan ini, kita tidak akan menggunakan fitur update otomatis pada aplikasi yang terinstal.
Pengertian Auto-update apps at any timeData charges may apply adalah kita akan melakukan update otomatis setiap ada pembaharuan baru dari sebuah aplikasi yang terinstal, dan mobile data akan digunakan jika tidak terkoneksi ke wifi.
Pengertian Auto-update apps over Wi-Fi only adalah kita akan melakukan auto update atau update otomatis setiap kali kita terkoneksi dengan wifi sedangkan jika tidak terkoneksi dengan wi-fi maka kita akan melakukan update manual.
Cara update manual pada google play atau play store
Karena kita sudah mematikan atau mendisable auto update, maka ketika kita ingin melakukan update atau ada notifikasi update pembaharuan aplikasi, maka kita akan melakukan manual.

Cara pertama

Biasanya jika ada aplikasi yang akan terupdate, kita mendapat notifikasi di notifikasi bar diatas layar smartphone kita, nah jika kita ingin melakukan update ketika terdapat notifikasi, maka buka notifikasi tersebut, lalu tap pada notifikasi tersebut setelah itu kita tap update.

Cara kedua

Cara keedua adalah dimana kita melewatkan notifikasi yang muncul, semisal kita tidak langsung melakukan update, tetapi menunggu sampai kita mempunyai pake data atau mobile data yang cukup untuk melakukan update, maka caranya sebagai berikut:
Pertama buka play store
Setelah itu pilih menu pada pojok kiri atas ( 3 garis ) lalu tap atau tekan pada menu tersebut.
Setelah itu tap atau tekan pada My apps & games.
Dan jika kita mendapati banyak aplikiasi yang ingin di update, dan kita ingin melakukan update semua pada aplikasi tersebut, cukup tekan tombol Update All.
Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini
cara update manual aplikasi android
cara update manual aplikasi android
Tetapi jika kita ingin melakukan update pada 1 atau 2 aplikasi saja, maka kita perlu memilih aplikasi yang akan kita update pada My apps & games dengan cara menekan lalu akan muncul halaman baru, dan pilih Update
Untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini
update satu aplikasi
update satu aplikasi
Demikian Cara untuk menghentikan atau disbale update otomatis pada google play atau play store, jika teman-teman masih mempunyai kesulitan lain, silahkan tanyakan kepada kami melalui kolom komentar, kami akan dengan senang hati membantu sebisa kami

No comments:

Post a Comment