Wednesday, February 1, 2017

Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB


Koneksi perangkat android ke laptop/PC dengan kabel USB

Perangkat android seperti smartphone atau tablet saat ini selalu dilengkapi dengan kabel USB yang desainnya umum. Artinya kabel tersebut dapat digunakan pada banyak perangkat android selain android yang kita gunakan. Ujung konektor kabel yang dicolokkan ke perangkat android, namanya Micro USB (atau USB Type-B Micro) sedang ujung yang satunya lagi menggunaan konektor Standard-A USB (atau USB Type-A Standard) yang biasa dicolokkan ke charger atau komputer, laptop/PC. Dan USB yang banyak beredar sekarang masih menggunakan USB versi 2.0.
Kabel USB Smatphone atau Tablet

Selama sebuah perangkat android memiliki lubang colokan (soket) jenis Micro USB, maka kabel USB dari perangkat apapun yang salah satu ujungnya bertype konektor Micro USB, dapat anda gunakan juga.
Selain digunakan untuk mengecas perangkat android, kabel USB juga digunakan untuk menghubungkan perangkat android dengan komputer. Kita bisa memindahkan (mentransfer) data dari smartphone atau tablet ke komputer, atau juga sebaliknya memindahkan data dari komputer ke perangkat android. Data yang ditransfer berupa foto-foto, lagu, video atau file-file lain yang bisa dibuka di komputer. Hal ini sangat berguna sekali untuk memback-up data sehingga jika sesuatu terjadi, smartphone atau tablet rusak atau hilang, data kita tidak hilang. Karena dipergunakan untuk menyimpan atau memindahkan data, maka banyak yang menyebutnya juga sebagai Kabel Data.
Satu lagi keuntungan kita menggunakan kabel USB saat ingin memindahkan data ke laptop/PC adalah di saat yang bersamaan perangkat android kita ikut dicas (pengecasan battery perangkat android).
Koneksi Android ke laptop dengan USB
Koneksi perangkat android ke komputer dengan kabel USB ini, terdapat perbedaan mencolok antara android versi Kitkat dan sesudahnya dengan android versi Jelly Bean dan sebelumnya.
A. Perangkat Android Kitkat dan setelahnya.
Pada perangkat android modern (Android Kitkat dan setelahnya), koneksi antara perangkat android dengan komputer via kabel USB terdapat dua metode koneksi, sebagai Media device (MTP) dan Camera (PTP).
Untuk mengakses atau memilihnya, setelah perangkat android terkoneksi dengan komputer akan muncul notifikasi koneksi USB. Buka notifikasi ini dengan cara menarik layar ke bawah atau mengeklik gambar USB.
Koneksi USB Android Kitkat dan setelahnya
Secara default perangkat android akan terkoneksi menggunakan metode MTP (“Connected as media device”). Untuk melihat pilihan koneksi USB yang lain, klik notifikasi tersebut. Akan muncul pilihan koneksi sebagai Media device (MTP) atau Camera (PTP).
1. Media device (MTP, Media Transfer Protocol).
Dengan koneksi MTP ini, komputer akan menganggap perangkat android smartphone atau tablet, sebagai media penyimpan file. Sehingga perangkat android terbaca di komputer sebagai tempat menyimpan data atau file. Kita bisa memindahkan, meng-copy, atau mentransfer data apa saja dari smartphone atau tablet ke komputer atau sebaliknya. Pada komputer  yang menggunakan sistem operasi Apple Mac koneksi ini namanya AFT (Android File Transfer).
Berikut gambar perangkat android yang terdeteksi di Windows Explorer komputer yang menggunakan koneksi Media device (MTP).
Koneksi USB Android Kitkat dengan Media device (MTP)
Perangkat android terdeteksi hanya seperti sebuah folder dengan ikon bergambar handphone yang berisi file-file yang bisa diakses oleh komputer.
2. Camera (PTP, Pictures Transfer Ptotocol).
Jika kita memilih koneksi Camera, maka perangkat android kita dianggap sebagai sebuah kamera. Kita bisa mentransfer foto ke komputer dengan software kamera. Di komputer, setelah membuka Windows Explorer, perangkat android kita terlihat seperti sebuah kamera. Dan yang bisa kita transfer hanya data atau file yang berhubungan dengan camera saja, seperti gambar atau video. Pilihan ini hanya untuk perangkat yang tidak support transfer dengan MTP. Koneksi PTP ini menjadi standard koneksi komputer dengan camera digital. Berikut gambar perangkat android yang terdeteksi di Windows Explorer komputer yang menggunakan koneksi Camera (PTP).
Koneksi USB Android Kitkat dengan koneksi Camera (PTP)
Koneksi USB Android Kitkat dengan koneksi Camera (PTP)
Perangkat android terdeteksi sebagai sebuah folder dengan ikon bergambar camera dan file yang bisa diakses komputer hanyalah folder tempat penyimpanan gambar atau video saja.
B. Perangkat Android Jelly Bean dan sebelumnya.
Pada perangkat android yang lama (Android Jelly Bean dan sebelumnya), koneksi perangkat android ke komputer via kabel USB memiliki beberapa pilihan. Selain kedua metode di atas, MTP dan PTP, ditambah lagi dengan USB Mass Storage (UMS) dan Charge Only.
Untuk mengakses atau memilihnya, setelah perangkat android terkoneksi dengan komputer akan muncul notifikasi koneksi USB. Buka notifikasi ini dengan cara menarik layar ke bawah/ke atas atau mengeklik gambar USB tergantung letak notifikasi bar pada perangkat android anda. Kemudian klik notifikasi tersebut untuk melihat pilihan koneksi USB, seperti gambar berikut.
Koneksi USB Android Jelly Bean dan sebelumnya
Koneksi USB Android Jelly Bean dan sebelumnya
Dari gambar di atas terlihat ada 4 pilihan metode koneksi USB. USB Storage – Media device MTP) – Camera (PTP) – Charge only.
1. USB Mass Storage (UMS).
Pada koneksi USB dengan metode USB Mass Storage, sistem operasi Android akan berhenti bekerja karena mengijinkan komputer untuk mengakses seluruh isi memory perangkat android. Begitu juga aplikasi yang lain juga tidak bekerja selama terkoneksi dengan komputer. Koneksi metode UMS ini, memiliki standard protocol sama seperti sebuah flashdrive atau external drive bagi komputer sehingga komputer dapat mengakses seluruh isi perangkat android. Ini dianggap berbahaya bagi perangkat android sehingga pada android versi berikutnya metode UMS ini tidak digunakan lagi.
Jika perangkat android anda masih memiliki metode UMS ini dan kita memilih menggunakannya, ketika terkoneksi dengan komputer kita disuruh mengeklik “Turn on USB Storage” lalu muncul pesan yang menyatakan beberapa aplikasi akan berhenti dan tidak tersedia sampai kita meng-off-kan koneksi UMS ini, seperti gambar berikut.
Koneksi USB Android Jelly Bean dengan Koneksi USB storage (UMS)
Koneksi USB Android Jelly Bean dengan Koneksi USB storage (UMS)
Pada Windows Explorer komputer, perangkat android akan terdeteksi sebagai sebuah tempat penyimpan data tersendiri, drive: E (untuk memory SD Card) dan drive: H seperti gambar berikut.
Koneksi USB Android Jelly Bean metode USB storage (UMS)
Koneksi USB Android Jelly Bean metode USB storage (UMS)
2. Media device(MTP).
Jika memilih koneksi USB metode MTP pada halaman Windows Explorer di komputer, perangkat android akan terlihat seperti gambar berikut.
Koneksi USB Android Jelly Bean metode Media device (MTP)
Koneksi USB Android Jelly Bean metode Media device (MTP)
Sebagai sebuah folder dengan ikon bergambar handphone tempat penyimpanan data biasa,  yang berbeda dengan koneksi dengan metode UMS di atas.
3. Camera (PTP).
Jika memilih koneksi USB dengan metode Camera (PTP), perangkat android akan terdeteksi di Windows Explorer komputer seperti gambar berikut:
Koneksi USB Android Jelly Bean metode Camera (PTP)
Koneksi USB Android Jelly Bean metode Camera (PTP)
Sebagai sebuah folder dengan ikon bergambar camera yang hanya berisi file-file yang berhubungan dengan camera saja, seperti video dan foto-foto.
4. Koneksi Charge Only.
Jika kita memilih koneksi metode ini berarti kita hanya mengecas perangkat android kita dan perangkat komputer tidak mendeteksi apa-apa dari perangkat android kita. Hanya mengecas saja.

No comments:

Post a Comment